23/10/16

Indahnya Warna Warni Di Telaga Warna Dieng


Telaga Warna Dieng

Telaga Warna terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dengan keindahan telaganya yang berwarna warni, udaranya yang segar dan sejuk karena berada di ketinggian 2000 mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan yang indah, menjadikan Telaga Warna sebagai salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna adalah tempat witasa di Dieng yang paling pertama kali saya kunjungi dari beberapa rangkaian petualangan saya ke daerah Dieng. Pertama kali menyusuri perjalanan dari tempat saya menginap di kota Magelang, melewati Temanggung dan Wonosobo, membuat saya terkagum2 atas indahnya alam ciptaan Tuhan ini. Berjalan diantara dua gunung indah, Sumbing dan Sindoro, kemudian menyusur pinggir Gunung Sindoro sewaktu mulai perjalanan menanjak dari Wonosobo, benar2 pemandangan indah yang tak terlupakan. Semakin tinggi mendaki, semakin saya takjub akan keindahannya, tetapi juga sedikit takut karena perjalanan ke Dieng ternyata cukup menanjak dan berkelok kelok dengan bukit dan jurang disisinya.....

Dengan menempuh perjalanan santai sekitar 4 jam, akhirnya saya sampai juga di pintu gerbang Dieng Plateau. Tak lama setelah itu, terdapat pertigaan, saya memilih berbelok ke kiri ke arah Telaga Warna. Kawasan telaga ini berada sekitar 800 m dari pertigaan tadi. Kawasan parkir telaga warna cukup luas, saya lihat sudah banyak mobil yang parkir pada waktu itu. Di kawasan parkiran ini terdapat kios2 yang menjajakan anekan makanan dan oleh2 khas Dieng serta beberapa toilet. Di bagian sisi parkiran yang saya tempati sedang dibangun juga tempat parkir dan kios2 baru yang lebih luas dan bagus, mungkin dalam beberapa bulan ke depan sudah bisa dipakai oleh para pengunjung.

Di seberang jalan area parkiran, saya lihat ada jalan masuk mendaki ke bukit kawasan Petak Sembilan, kabarnya sih Telaga Warna juga bagus dilihat dari kawasan Petak Sembilan ini, tetapi sayangnya saya tidak sempat untuk mampir ke Petak Sembilan pada waktu itu.

Harga tiket masuk ke Telaga Warna adalah Rp. 10 ribu pada waktu itu. Memasuki pintu masuk kawasan Telaga Warna, kita akan menemukan jalan setapak dengan pohon-pohon rindang disisinya dan Telaga Warna dibalakangnya. Sahabat bisa memilih untuk berbelok ke kiri atau ke kanan, saya sendiri memilih menyusuri jalan setapak ke kanan karena saya lihat banyak para pelancong yang berjalan ke arah itu. 

Menyusuri jalan setapak dibawah pepohonan yang rindang dengan pemandangan Telaga Warna dilatar belakangi perbukitan yang ada di sekelilingnya, merupakan pengalaman yang indah tak terlupakan. Tak lama kemudian sampailah saya di semacam pelataran, pemandangan Telaga Warna dari tempat ini sungguh indah, perbukitan yang membayang di air telaga bagaikan sebuah cermin keindahan alam, pantesan banyak yang lagi berfoto ria di area ini, bahkan ada boneka Winnie The Pooh yang lagi stand by mememani para pelancong yang ingin berfoto-foto.

Telaga Warna Dieng
Air telaga bagaikan cermin yang memantulkan keindahan alam
Kemudian saya lanjut menyusuri jalan setapak, banyak terdapat spot2 cantik untuk diabadikan disini, namun dikarenakan banyaknya pengunjung, saya mesti bersabar ria menunggu giliran untuk bisa mengabadikannya. 


Telaga Warna Dieng
Indahnya Telaga Warna yang dikelilingi oleh perbukitan
Telaga Warna Dieng
Menunggu antrian buat foto di bawah pohon

Fenomena alam Telaga Warna

Kenapa dinamakan Telaga Warna? Ternyata telaga cantik ini memang suka berubah2 warna, kadang berwarna hijau, kekuningan, biru ataupun warna pelangi, karena telaga ini mengandung cukup tinggi kadar sulfur didalamnya, sehingga warnanya bisa berubah2 saat sang mentari menyinarinya. Pada saat saya datangi, Telaga Warna ini berwarna hijau kebiru2an. Disamping itu, ada pula legenda yang menceritakan bahwa Telaga Warna ini bisa berubah2 warna dikarenakan pada zaman dahulu kala ada cincin seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga, inilah yang menyebabkan air telaga bisa berwarna warni.


Telaga Warna Dieng
Air telaga berwarna hijau kebiruan pada waktu itu
Tempat wisata sekitar Telaga Warna

Masih menyusuri sisi Telaga Warna, tak lama kemudian saya menemukan peta papan petunjuk tempat2 cantik di sekitar Telaga Warna yang bisa dikunjungi. Sahabat bisa ke Telaga Pengilon, telaga ini adalah saudaranya Telaga Warna, terletak berdampingan dengan Telaga Warna, namun anehnya, air telaga Pengilon tidak berwarna warni seperti yang kita saksikan di Telaga Warna, katanya sih, kandungan sulfurnya tidak setinggi yang terdapat di telaga Warna, jadi arirnya cenderung jernih. Penduduk setempat memanfaatkan air Telaga Pengilon untuk pengairan perkebunan mereka, terutama kentang yang menjadi komoditas unggulan.

Disamping Telaga Pengilon, sahabat juga bisa berkunjung ke beberapa goa yang terdapat di sepanjang tepian telaga, seperti Goa Semar : Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati, Goa Sumur : Eyang Kumalasari dan Goa Jaran : Resi Kendaliseto. Kabarnya goa-goa ini sampai sekarang masih dipakai untuk ritual keagamaan. Selain goa, adapula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso, atau... sahabat bisa memilih untuk mendaki bukit untuk melihat keindahan Telaga Warna dari atas bukit.

Saya sendiri memilih untuk mendaki bukit karena penasaran ingin melihat keindahan telaga ini dari ketinggian. Mendaki bukit ini ternyata cukup menguras tenaga buat saya yang sukanya jalan2 manja, perlu waktu sekitar 20 menit, barulah saya sampai di area perbukitan. Ternyata perjalanannya melelahkan sahabat..... hiks... hiks... maklum, yang lagi jalan adalah mami mami manja yang males jalan kaki...... hehehe.... Dari area ini kita bisa melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang indah, dikelilingi perbukitan dan hamparan awan yang menggelantung.... perkampungan penduduk di kejauhan, sungguh indah mempesona.... Disini terdapat sebuat spot favorit yaitu area yang cukup datar dengan hiasan bebatuan, dari tempat ini pemandangan alam sungguh menakjubkan...


Telaga Warna Dieng
Telaga warna dari atas bukit, begitu indah
Telaga Warna Dieng
Telaga Warna dan Telaga Pengilon
Pada saat mendaki bukit ini, sepertinya saya mendengar suara kendaraan bermotor tidak jauh dari tempat itu, saya jadi penasaran kenapa bisa ada bunyi kendaraan sementara saya capek2 jalan kaki mendaki bukit.....  usut punya usut setelah selesai berpetualang di Telaga Warna, ternyata itu adalah jalan menuju kawasan Dieng Plateau Theater yang terletak diatas bukit disisi Telaga Warna, jadi pemandangan telaga ini juga bisa kita lihat dari kawasan Dieng Plateau Theater, tepatnya dari Bukit Batu Pandang Ratapan Angin dan kawasan Jembatan Merah Putih yang terletak diatas bukit Kawasan Dieng Plateau Theater....... Wah..... kalau tadinya saya tau, saya ga mau capek2 mendaki bukit dech..... hehehe.. But anyway, pemandangan dari area Batu Pandang seakan membayar kelelahan saya, udara yang sejuk cenderung dingin membuat perasaan capek saya hilang....

Setelah beristirahat beberapa lama, petualangan pun diakhiri, saya kembali menuruni bukit ke area Telaga Warna, tak lupa mampir dulu di warung yang terdapat di jalan setapak di lereng bukit buat ngopi2 dan makan kentang goreng khas Dieng ditambah mencicipi manisan Carica yang juga khas Dieng..... mmmmm...... yummi.......

Bagaimana sahabat, tertarik untuk datang ke Telaga Warna?


Tips untuk sahabat :
  • Bila sahabat ingin berkunjung ke Telaga Warna, sebaiknya datanglah pada pagi hari. Dikarenakan kawasan ini terletak di dataran yang amat tinggi, di siang hari kawasan ini biasanya sudah mulai diselimuti oleh kabut, jadi sahabat akan susah untuk menemukan pemandangan indah bila kabut sudah mulai menutupi kawasan Telaga Warna ini.
  • Bila sahabat hanya ingin melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian, sebaiknya langsung saja datang ke kawasan Dieng Plateau Theater, kemudian naik ke lereng bukit yang terdapat disisinya, pemandangan telaga akan terlihat sangat indah di kawasan ini yaitu dari area Batu Pandang Ratapan Angin dan kawasan Jembatan Merah Putih.


Cheers


Bila sahabat punya saran, update, komentar mengenai tempat wisata ini, silakan diisi di BUKU TAMU yaa....


Baca juga :




Tidak ada komentar: