10/09/16

Melaka, Kota Warisan Dunia Nan Elok

World Heritage Melacca

Melacca atau yang lebih kita kenal sebagai Melaka atau Malaka, adalah salah satu negara bagian Malaysia, berjarak kira2 148 km dari Kuala Lumpur arah tenggara.

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Malaysia kalau tidak menyempatkan diri mampir di kota tua ini yang merupakan salah satu kota warisan dunia (World Heritage) yang telah dinobatkan oleh Unesco. So, akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk plesiran seharian ke Malaka untuk menyaksikan berbagai bangunan bersejarah yang banyak terdapat di kota tua yang cantik ini.

Berangkat dari Kuala Lumpur di pagi hari, kami naik bus dari terminal bus bersepadu selatan. Wow..... terminal busnya bagus banget sahabat..... kayak bandara aja.... !

Stasiun Bersepadu Selatan Kuala Lumpur
Terminal Bus Bersepadu Selatan
Kami menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai ke kota nan cantik ini. Di perjalanan kami menikmati keindahan alam Malaysia, dari Kuala Lumpur kemudian melewati Negeri Sembilan, dan barulah kami sampai di Melaka.

Sesampainya di terminal bus Melaka Central, kami naik taksi langsung menuju Jonker Walk. Berhubung ketersediaan waktu yang singkat karena harus kembali ke Kuala Lumpur di sore harinya, kami hanya sempat mengunjungi Jonker Walk, menyeberang sungai dan dilanjutkan menikmati cantiknya bangunan2 tua peninggalan Belanda dan Portugis.

World Heritage Melacca
Ini dia... Jonker Walk
Jonker Walk sangat rame waktu itu, kami menelusuri Jalan Hang Jebat, dikanan kiri jalan bermacam2 dagangan dijajakan termasuk makanan dan minuman khas Melaka, kita juga bisa menjumpai sejumlah klenteng di sepanjang jalan ini. Juga ada Taman Warisan Dunia Jonker Walk yang didalamnya ada patung Datuk Wira Dr. Gan Boon Leong, the father of bodybuilder in Malaysia...

World Heritage Melacca
Patung Datuk Dr. Gan Boon Leong
Disini juga terkenal Jonker Street Night Market, tapi apa daya kami berkunjungnya di siang hari sehingga tidak bisa hadir di pasar malam yang terkenal itu.

Setelah cukup lelah berjalan di siang bolong.... panaaasss...... sampailah kami di tepian sungai Malacca River... Pemandangan disini sungguh menakjubkan, dinominasi oleh warna merah bangunan2 tua. Di sebelah kiri ada Dutch Square, kita bisa menemukan Malaysia Youth Museum, Christ Church dan The Stadthuys disini.

World Heritage Melacca
Malaysia Youth Museum, Christ Church, The Stadhuys
Disebelah kanan, kita bisa menemukan Tourist Information Center yang bertempat di Surau Warisan. Mungkin ini dulunya adalah mesjid melihat dari bentuk bangunannya.

World Heritage Melacca
Tourist Information Center
Setelah puas menikmati pemandangan di daerah ini, kami melanjutkan perjalanan menyusuri sungai ke arah kanan. Keindahan sungai ini paling elok untuk dinikmati di sore hari, para pengunjung banyak yang ikutan River Cruise Tour. Dari jauh sudah kelihatan Museum yang berbentuk kapal laut yaitu Museum Samudera.

World Heritage Melacca
Di tepian sungai Melacca River

World Heritage Melacca
Museum Samudra

Bila kita berbelok ke kiri, kita akan menemukan Merana Taming Sari. Kemudian taman yang luas yang cocok untuk beristirahat melepas lelah...... Diseberang jalan, kita akan menjumpai banyak kios2 yang menjual beranekan macam barang. Jangan lupa beli oleh-oleh disini yaaa......Bila sahabat ingin makan dan minum, juga ada food courtnya di lantai atas lho..... Disini banyak becak hias yang stand by, menunggu para pengunjung yang ingin berkeliling dengan becak.... becak hias ini ada musiknya, jadi kita tidak sepi kalau lagi jalan2 pake becak.... dan tau ga sahabat, musiknya adalah lagu dangdut dari negeri kita..... hehehehe

World Heritage Melacca
Ada food courtnya lho di lantai 2

World Heritage Melacca
Becak hias...... lucunya.....
Seteleh itu kami menyusuri Jalan Taman ke arah kiri, kurang lebih 200 m kita akan menemukan Jalan Kota. Di sepanjang jalan kota ini kita bisa mengabadikan beberapa museum yang berdiri cantik di sepanjang jalan, ada Museum Dunia Melayu Islam, Museum Rakyat, Museum Umno, Malaka Islamic Museum dan Museum Seni Bina Malaysia. O iya, ke arah belakang Museum Dunia Melayu Islam, kita akan menemukan A Famosa, sebuah resort cantik dengan taman2, bangunan2 tua, restoran dan hotel.


World Heritage Melacca
Museum Rakyat

World Heritage Melacca
Museum Umno

World Heritage Melacca
Museum Islam Melaka

World Heritage Melacca
Museum Senibina Malaysia

World Heritage Melacca
A Famosa
Bila kita mendaki ke atas bukit dibelakang museum2 tersebut, kita akan menemukan Gereja St. Paul.

World Heritage Melacca
Gereja St. Paul
Sedikit lagi meyusuri jalan Kota, kami tiba kembali di Dutch Square.

Tak terasa sudah beberapa jam berlalu, dan kami harus segera bersiap2 kembali ke Kuala Lumpur. Kami kembali menyusuri Jalan Hang Jebat dan didepan Jonker Street mencari Taksi tujuan Melaka Central.

Masih banyak tempat2 dan bangunan cantik di Melaka yang belum sempat kami datangi, semoga suatu saat nanti bisa datang kembali untuk melanjutkan kisah perjalanan ini.

Tips untuk sahabat :

  • Apabila memungkinkan, setidaknya menginaplah satu malam di kota cantik ini, banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi, sehari saja tidaklah cukup, apalagi jika sahabat ingin menikmati keindahan Melacca River di sore hari...
  • Ada baiknya mencoba naik becak hias, sehingga lebih banyak tempat2 cantik yang bisa dilihat
  • Bawalah perlengkapan pelindung panas dan minuman, berkeliling taman saja udah capek, apalagi ditambah dengan mengunjungi berbagai museum..... jadi hauuuuussss....

Cheers
  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar