20/09/16

Candi Gendong Songo – Wisata Sejarah Di Lereng Gunung Ungaran


Candi Gendong Songo

Candi Gedong Songo sudah menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal. Terletak di lereng gunung Ungaran, desa Darum, Kec.  Bandungan, Kab. Semarang, komplek candi ini berada di ketinggian sekitar 1200m, dengan begitu disamping berwisata sejarah, kita juga dapat menyaksikan pemandangan kota Ambarawa dan sekitarnya yang cantik dikelilingi oleh bukit2 dan gunung yang indah dari tempat ini.

Candi2 Gedong Songo ini dibangun pada abad ke 8, peninggalan Dinasti Syailendra, dibagun berderet dari bawah ke atas, merupakan perpaduan antara religi local kepercayaan terhadap roh nenek moyang dan kepercayaan agama Hindu.

Kali ini, kisah saya adalah seputar perjalanan ke Candi Gedong Songo. Berangkat dari Magelang pada pagi hari jam 6.30. saya harap2 cemas tidak akan menemukan pemandangan candi yang cantik nantinya. Soalnya saya pergi di tengah musim penghujan, dan sudah beberapa hari ini hujaan terus di Magelang, takutnya nanti malah diguyur hujan lebat di komplek candi……

Tetapi perjalanan ini sepertinya akan menyenangkan…… pagi hari kelihatan cerah, tidak seperti hari2 sebelumnya yang mulai pagi hari sudah diguyur hujan. Candi Gedong Songo berlokasi tidak begitu jauh dari Magelang, naik mobil menuju arah Semarang, di kanan kiri saya bisa melihat Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing dan bahakan Sindoro dengan jelas….. ini benar2 rahmat buat saya, jarang2 lho di musim penghujan ini bisa melihat pemandangan gunung utuh sampai puncaknya……. Seringnya mah yang ada hanya kaki gunung ditutup awan2 yang bergelayutan cantik….

Setelah berjalan sekitar 1 jam, sampailah di kota Ambarawa, di dalam kota Ambarawa berbelok ke kiri kearah kecamatan Bandungan. Mulai dari sini perjalanan kita akan menanjak, dari penunjuk arah kita bias mengetahui bahwa Candi Gedong Songo berada kurang lebih 10 km dari kota Ambarawa ini.

Dengan perjalanan menanjak kira-kira 5 km, kita akan sampai di kecamatan Bandungan. Disini kita berbelok ke kiri menyusur lereng gunung Ungaran…… Eh…. Ternyata gunung Ungaran itu agak berbeda lho kalau menurut saya…… tidak terlalu tinggi dan tidak mempunyai puncak yang runcing seperti gunung2 lain pada umumnya, puncaknya malah cenderung bergelombang seperti puncak beberapa bukit….

Jalanan menyusur lereng Gunung Ungaran ini cukup datar dan bagus…… saya baru tau, ternyata di daerah bandungan ini banyak sekali terdapat hotel, penginapan, rumah makan, café… disepanjang jalan, seperti di daerah Puncak Bogor sahabat….. mungkin daerah ini juga menjadi salah satu tempat wisata dan peristirahatan favorit para penduduk Semarang, Ambarawa dan sekitarnya, soalnya daerahnya sejuk… udah gitu pemandangan alam dari lereng Gunung Ungaran ini juga cantiiiikkk sekali…… pas banget buat istirahat melepas lelah setelah seminggu bekerja atau bersekolah..

Setelah beberapa menit menyusur Lereng Gunung Ungaran, kemudian kita harus berbelok ke kanan. Disinilah jalan menuju Candi Gedong Songo. Jalanannya menanjak, sesekali bahkan tanjakan tajam, terutama menjelang sampai di daerah Parkiran Candi Gedong Songo. Jadi kendaraan mesti siap fisik ya sahabat….. jangan sampai mobil atau motornya ngambek di tengah jalan dan tak mau mendaki lagii…. Sayang donk ga jadi nyampe ke candi. Ada beberapa orang saya lihat yang pake helm tapi berjalan kaki menuju area parkiran….. ternyata mereka bawa motor, tapi motornya ga kuaaatttt….. jadi pengendaranya aja yang bisa dibawa motor, sementara penumpang di balakangnya harus jalan kaki……. Kasihannnnn….

Kurang lebih 2 jam perjalanan santai dari Magelang, sampailah di komplek Candi yang dicari2…… dan...... cuacanya sangat bagus sahabat….. langit cerah, gunung Sumbing dan Sindoro kelihatan di kejauhan… benar2 pemandangan alam yang aduhai….

Tadinya saya pikir saya adalah orang pertama yang sampai di tempat ini karena masih pagi….. tapi ternyata salah….. tempat parkirannya aja sudah hampir penuh!! Hanya tinggal untuk beberapa mobil lagii…… wow… orang2 datangnya sudah lebih pagi…. Saya jadi malu sendiri… hehehe… Bahkan sudah ada beberapa kelompok anak sekolah yang sudah selesai dan sedang berjalan keluar….. Mungkin mereka dari pagi2  banget kali yaaa…..??
Dengan membeli tiket masuk Rp. 7.500 per orang, kita dipersilakan masuk dan sudah bisa menikmati wisata sejarah yang cantik ini.

Candi Gendong Songo
Suasana parkiran di pagi hari....... sudah rame...!
Candi Gendong Songo
Loket tiket
Di pintu masuk dijelaskan sedikit mengenai peta dan sejarah Candi Gedong Songo. Adalah Loten, orang pertama yang menemukan kompleks Candi ini, kemudian pada tahun 1804 Rafles mencatat komplek ini sebagai Gedong Pitoe (tujuh bangunan). Setelah itu ada beberapa orang ahli yang meneliti dan mempubikasikan komplek candi ini.

Candi Gendong Songo
Pintu masuk Candi
Candi Gendong Songo
Penjelasan singkat sejarah Gedong Songo
Dari pintu masuk menuju Candi I, kita akan melawati taman2 cantik….. taman2 disini bersih, terawat dengan baik… jadi enak sekali sebagai tempat bersantai.. Berjalan sedikit menanjak, kita akan segara menemukan Candi Gedong I……

Candi Gendong Songo
Taman yang cantik dan bersih
Inilah penampakan Candi Gedong I.  Candi ini sepertinya kesepian…. Hehehe….. tidak ada candi2 lain disampingnya yang menemani. Pemandangan alam dari Candi I ini juga cantiiiikkkk sekali. Di Candi I, kita tidak menjumpai adanya Arca. Menurut catatan sejarah, Dinas Purbakala Belanda memugar Candi ini pada tahun 1928/1929.

Candi Gendong Songo
Candi Gedong I
Candi Gendong Songo
Candi Gedong I dari depan
Candi Gendong Songo
Pemandangan dari Candi Gedong I
Puas memandangi Candi Gedong  I, dimulailah perjuangan menuju Candi Gedong II. Kenapa saya sebut sebagai perjuangan? Karena memang harus berjuang…… Berjalan beberapa ratus meter mendaki bukit, kemudian menuruni bukit, kemudian mendaki lagi……. Aduuh….. capek….. untungnya bawa minuman, jadi bisa beristirahat sebentar sembari minum2…. Tapi walaupun tidak bawa minuman, jangan khawatir sahabat, banyak koq para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman disini…. Yang penting jaga kerbesihan ya, jangan buang sampah sembarangan… mari kita jaga agar komplek candi ini agar tetap bersih terawat seperti sekarang…

Jarak antara Candi I dan Candi II memang cukup jauh….. kita akan melewati hutan pinus yang cantik, eh…. Ada beberapa bangunan sepertinya tempat penginapan dibawah hutan pinus ini…. Kemudian kita juga akan melewati  Situs Air Suci….. disini disamping air suci, ada goanya juga lhooo…. Mungkin goa ini dulunya dipakai untuk tempat pertapaan…..
Perjalanan yang cukup jauh ini akhirnya bisa terobati begitu kita sampai di Candi II. Pantesan saya lihat banyak yang memilih untuk berkeliling candi dengan naik kuda….. memang melelahkan, ini aja baru sampai Candi II, bagaimana nasibnya nanti bisa sampai Candi III dan seterusnya???

Candi Gendong Songo
Hutan pinus....... so beautiful
Candi Gendong Songo
Bangunan di bawah hutan pinus
Candi Gendong Songo
Situs Air Suci
Candi Gendong Songo
Ada goanya juga
Candi Gedong  II terdiri dari satu bangunan utuh dan satu reruntuhan didepannya. Candi ini pernah dipugar Dinas Purbakan Belanda pada thun 1930/1931. Pemandangan alam dari Candi II ini juga tak kalah cantiknya sahabat, dilatar belakangi hutan pohon pinus, arah ke selatan kita juga bisa menyaksikan keindahan kota Ambarawa dan sekitarnya…

Candi Gendong Songo
Candi Gedong II
Candi Gendong Songo
Candi Gedong II dilihat dari sisi lain
Candi Gendong Songo
Banyak yang berkuda karena capek...
Perjuangan dilanjutkan……. Sekarang mulai mendaki lagi……. Tidak berapa jauh, sampailah kita ke Candi Gedong III.  Bangunan candi ini adalah yang paling rame, ada 3 bangunan utuh ditambah dengan reuntuhan bangunan disampingnya. Pada saat saya sampai, bangunan ini sangat ramai pengunjungnya, dinominasi oleh anak2 pramuka yang sedang latihan… Ada dua bangunan yang agak mirip, candi utama dengan candi perwara/pendampingnya, tapi candi perwara berukuran lebih kecil. Kumudian, ada satu candi lagi, tapi berukuran lebih pendek lagi… Di Bagunan Candi III ini terdapat beberapa Arca di bagian luar candi… Kita juga bisa melihat Candi V di kejauhan, di bukit seberang.

Candi Gendong Songo
Candi Gedong III
Candi Gendong Songo
Di nominasi anak2 pramuka
Candi Gendong Songo
Candi Gedong V di kejauhan
Menuju Candi IV, kita akan menuruni lembah bukit, dan kemudian pastinya mendaki lagi hehehe…… Di perjalan menuju Candi IV ini, kita akan melewati semacam kawah yang berasap dan mengeluarkan bau belerang…. Disini ada kolam rendam air panasnya sahabat….. Jadi kalo capek… bisa mampir dulu….. Konon katanya, kolam rendam ini bisa mengobati beberapa macam penyakit, seperti  pegal2, gatal, jerawat dll…..

Candi Gendong Songo
Tempat beli tiket kolam rendam air panas
Candi Gendong Songo
Kawah yang mengeluarkan bau belerang
Perjalanan mendaki kali ini tak kalah melelahkan dibanding perjalanan sebelumnya. Berjalan semakin pelan karena kelelahan…. Akhirnya Candi IV mulai menampakkan diri…… disamping Candi IV ada lapangan luas, beberapa gazebo buat istirahat dan beberapa penjual makanan….. Sahabat bisa beristirahat disini….. bahkan kuda2 pun juga ikut isitirahat disini…….. hehehe….
Candi Gendong Songo
Lapangan luas disamping Candi Gedong IV
Candi Gendong Songo
Kuda pun ikut beristirahat
Untuk ke Candi Gedong IV, kita harus berbelok ke kanan. Dan…… inilah dia Candi Gedong IV….. Candi Gedong IV ini juga sedikit berbeda dari candi2 sebelumnya. Ada satu bangunan utuh, dengan banyak reruntuhan candi pendamping. Dan disamping Candi IV ini, di tempat yang agak ketinggian, juga terdapat satu area reruntuhan candi lainnya…

Candi Gendong Songo
Candi Gedong IV
Candi Gendong Songo
Numpang poto ya Mas yang sedang tidur santai.....
Candi Gendong Songo
Area reruntuhan di sebelah Candi Gedong IV
Setelah puas memandangi Candi IV…… sekarang mari kita melanjutkan perjalanan ke Candi V. Candi V berada tidak jauh dari Candi IV, candi inipun sebenarnya sudah kelihatan begitu kita sampai di Candi IV. Ternyata Candi Gedong V adalah candi utuh terakhir yang bisa kita nikmati. Candi ini juga unik. Ada satu candi utama ditambah satu candi pendamping yang unik, berbentuk susunan batu yang kayaknya mau roboh begitu………. (tapi ga mungkin robohlah…. Kan udah beratus2 tahun ada disitu….) Disekitar Candi Gedong V juga banyak terdapat reruntuhan candi pendamping….

Candi Gendong Songo
Candi Gedong V
Candi Gendong Songo
Banyak terdapat reruntuhan di sekitar Candi Gedong V
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Candi Gedong V adalah candi terakhir yang utuh yang bisa kita lihat…….. Trus, candi yang 4 nya pada kemana? Wah…… saya juga tidak tau tuh….. Mungkin sudah hancur, atau mungkin berada di tempat yang tidak saya lalui…. Atau mungkin2 lainya…….

Candi Gedong III, IV dan V, dipugar oleh Pemerimtah RI (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) pada tahun 1977-1983. Pemugaran Candi Perwara C1 dan konsolidasi C2 untuk Candi Gedong IV beserta pemetaan ulang dilakukan pada tahun 2009.

Perjalanan wisata sejarah berakhir di Candi gedong V. Perjalanan selanjutnya memutar ke arah pintu masuk kembali. Perjalanan ini lebih ringan karena menuruni bukit, kita akan melalui kebon sayuran, buah dan kembang di perjalanan pulang ini……

Candi Gendong Songo
Kebon sayur dan bunga
Di dekat pintu keluar, kita juga akan menemukan banyak toko2 penjual baju dan souvenir, banyak tempat makan/warung, toilet dan musholla. Kalo udah capek, silakan beristirahat disini ya sahabat sembari mencicipi makanan khas disini yaitu sate kelinci.......

So bagaimana? Tertarik untuk datang kesini? Monggo..........

Tips untuk  sahabat :

  • Apabila sahabat mau datang pada hari libur dan membawa mobil, maka datanglah sepagi mungkin, tempat parkir tidak begitu luas, apabila sudah penuh maka tempat parkir akan semakin jauh, dipinggir jalan menuju candid an di dalam gang2 perumahan penduduk.
  • Pastikan membawa pakaian dan sandal/sepatu yang cocok untuk mendaki dan perjalanan jauh, topi/sunglass, jangan lupa bawa air minum juga.
  • Apabila sahabat bukan orang yang kuat untuk berjalan kaki naik turun bukit, atau sahabat membawa anak yang masih kecil, sahabat bisa berkeliling dengan berkuda, terdapat banyak jenis tawaran untuk wisata dengan berkuda di tempat ini. 
  • Pastikan kendaraan yang sahabat bawa akan bisa melalui tanjakan yang cukup tajam untuk bisa sampai di lokasi wisata ini.

Cheers



Tidak ada komentar: