28/08/16

Run After The Sun in Ratu Boko Palace


Keraton Ratu Boko

Mengejar Matahari.....

Maksud hati tentunya menjadi saksi cantik dari tenggelamnya matahari dilihat dari di Keraton Istana Ratu Boko.... tapi apa daya pada saat saya datang kesini sang mentari tidak mau memperlihatkan senyuman sampai saatnya tenggelam, hanya mau tersenyum sampai pukul setengah lima sorean dan setelah itu bersembunyi dibalik awan..... hiks jadi sedih...


Keraton Ratu Boko
Moment tercantik yg bisa diabadikan, setelah itu sang surya sembunyi dibalik awan
Mungkin sebagian dari sahabat sudah tau bahwa Keraton Ratu Boko menjadi salah satu tempat favorit di sekitar Jogja untuk menyaksikan sunset. Dan ternyata memang rameeee banget yang datang untuk mengabadikan moment2 cantik sunset yg dilihat dari Gapura Istana Ratu Boko.


Keraton Ratu Boko
Ayoooo beramai2 ke Keraton Ratu Boko..
Ada apa di Keraton Ratu Boko??? Let's cekidot.....
Pada saat memasuki reruntuhan Istana yg dibangun sekitar abad VII - IX ini, kita harus menaiki beberapa anak tangga dulu supaya bisa mencapai dataran yg cukup luas berisikan taman2 dengan latar Gapura Keraton...


Keraton Ratu Boko
Gapura keraton di kejauhan
Konon kabarnya, peninggalan sejarah hindu-budha ini dahulunya adalah komplek wihara yang kemudian menjadi tempat kediaman seorang penguasa, makanya komplek Istana yang cukup luas ini mempunyai cukup banyak (reruntuhan) bangunan.

Ada dua lapis gapura cantik....... Ini menjadi tempat rebutan buat foto bersama maupun buat selfie, so.... sometimes sahabat mesti bersabar buat antri :)


Keraton Ratu Boko
Mau Selfie dulu nich
Keraton Ratu Boko
Dua lapis Gapura Keraton

Begitu kita sudah memasuki gapura, ada lapangan luas..... Banyak pengunjung yg istirahat leyeh2 disini....

Berjalan kearah kiri, ada candi pembakaran dan bila terus menaiki anak tangga kita akan dibawa ke Gardu Pandang. Candi Prambanan bisa dilihat dari Gardu Pandang ini.


Keraton Ratu Boko
Candi Pembakaran
Keraton Ratu Boko
Gardu Pandang

Bila kita melintasi ke arah kanan, banyak lagi terdapat bangunan... ada Paseban yang berfungsi sebagai ruang tunggu tamu yg akan bertemu dengan raja, apabila berjalan terus ke belakang menuruni anak tangga kita akan menemukan pendopo, keputren, goa.... dan ternyata ada kolam renangnya juga lho sahabat... coba bayangkan... lebih dari 12 abad yg lalu para penguasa sudah hobi berenang.... hehehehe....

Keraton Ratu Boko
Permisi Mas..... numpang moto Paseban yaaa...
Keraton Ratu Boko
Pendopo Keraton Ratu Boko
Keraton Ratu Boko
Ehhh.... Ada kolam renangnya...!!
Secara keseluruhan komplek Keraton Ratu Boko ini cukup bersih, luas dan cukup banyak peninggalan sejarah yg bisa kita explore. Untuk mencapainyapun juga tidak sulit. Apabila sahabat dari Jogja, situs wisata ini ada di sebelah timur Jogja arah ke candi Prambanan, tetapi sebelum nyampe Prambanan mesti belok ke kanan memasuki jalan raya Piyungan, hanya beberapa menit maka sahabat akan langsung nyampe.

O iya, sahabat jangan mengharapkan bisa melihat bangunan lengkap ya disini, yang bisa dinikmati hanya dasar bangunan saja, baik itu pendopo, keputren, paseban, yang ada hanya batu2 sebagai dasar pendirian bangunan... so silakan berimaginasi sendiri bagaimana bentuk bangunannya pada saat itu.... Hanya Gapura saja yang merupakan bangunan yang cukup tinggi di komplek ini.


Tips untuk sahabat :

  • Apabila tujuan datang kesini adalah untuk mengabadikan sunset, datanglah pada saat cuaca cerah..... so sahabat akan menemukan sunset yang cantik
  • Apabila sahabat datangnya siang hari saja, bukan untuk mengabadikan sunset, sebaiknya bawalah perlengkapan perlindungan matahari, misalnya topi, sunglass dll karena siang hari bisa sangat panas..... ga mau kan sehabis dari Keraton Ratu Boko jadi gosong... :)
  • Akan ada petunjuk Parkir Bus pada waktu kita sampai di Komplek Ratu Boko ini, tetapi dari tempat Parkir Bus ini kita mesti mendaki menaiki bhuanyak anak tangga melewati restoran cantik Ratu Boko Sunset.... nyampe di atas udah keburu ngos-ngosan.... hehehe... tetapi sebenarnya ada alternatif parkiran buat mobil pribadi, minibus dan motor, jalannya sedikit jauh mengelilingi kampung, tetapi begitu nyampe kita sudah langsung berada didepan komplek tanpa harus menaiki banyak anak tangga... tanyalah kepada penjual tiket untuk rute parkir alternatif ini
  • Kalo mau jalan-jalan hemat, jangan lupa bawa minuman yaaa..... soalnya cukup capek mengelilingi komplek wisata ini, ditambah lagi naik tangga....... capek dech... sebenarnya ada beberapa kios minuman disini, tapi tidak banyak. Dan... jangan lupa jaga kebersihan..!

Cheers...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar